Raihan – Tihamah

Allahumasoliala Muhammad
Yarobbisoli ala Wassalam
Allahumasoliala Muhammad
Yarobbisoli ala Wassalam
Dia dibangkitkan dari golongan tihamah
Di akhir zaman menjelang hari kiamat
Di belakang badannya ada alamat
Menghampirinya pasti akan mendapat rahmat
Solla tullah hi mal hat kawakibu
Ala ahmaduhiirimanrokiban najaib
Allahummasoli wasallim wabarik alaih
Putih bersih dahinya
Sinar hitam rambutnya
Baik paras mukanya nan bercahahaya
Dua tapak kakinya pernah dikucup unta
Unta hilang derita
Unta tiada duka
Solla tullah hi mal hat kawakibu
Ala ahmaduhiirimanrokiban najaib
Allahummasoli wasallim wabarik alaih
Binatang dhob pernah beriman dengannya
Pokok pernah memberi salam kepadanya
Batu pun pernah jua berkata-kata padanya
Tunggul pernah menangis mengongoi mengadu padanya




Penjelasan tentang Tihamah


Abul Mundzir mengatakan bahwa tihamah adalah daerah sepanjang pantai termasuk didalamnya adalah Mekah. Dia berkata sedangkan Hijaz adalah daerah yang memisahkan antara tihamah dan arudh (Mekah, Madinah dan sekitarnya, pen).

Al Madini mengatakan bahwa Tihamah adalah daerah dari Yaman terus hingga ke pedalaman dan Mekah termasuk kedalam tihamah.

Dinamakan tihamah dikarenakan panasnya yang sangat terik dan anginnya yang tidak berhembus. Apabila dikatakan tahimal hurr jika panas itu sangat terik. Dan dikatakan tihmah apabila terjadi perubahan udaranya dan jika dikatakan tahima ad duhn apabila terjadi perubahan baunya (lemak) (Mu’jamul Buldan juz I hal 440)
Asy Syaukani mengatakan bahwa yang dimaksud dengan “dari penduduk Tihamah” adalah Mekah dan sekitarnya. Kata itu berasal dari at tiham yaitu panas yang sangat terik dan angin yang tidak berhembus.

Dengan demikian yang dimaksud dengan tihamah adalah Mekah, tempat dilahirkan serta diutusnya Nabi Muhammad saw. Sebagaimana diketahui bahwa beliau saw dilahirkan di keluarga Bani Hasyim di Mekah pada hari senin tanggal 9 Rabiul Awwal pada permulaan tahun gajah, dan empat puluh tahun setelah kekuasaan Kisra Anusyirwan atau bertepatan dengan tanggal 20 atau 22 April tahun 571 M berdasarkan penelitian ulama terkenal, Muhammad Sulaiman al Manshurfury dan peneliti astronomi, Mahmud Basya, demikianlah disebutkan Syeikh Shafiyurrahman al Mubarakhfury dialam kitabnya ar Rahiqul Makhtum hal 35.

Adapun diutusnya beliau sebagai seorang rasul setelah ber-tahannuts yaitu menyendiri untuk beribadah dan memikirkan kebesaran Sang Pencipta alam semesta yang luar biasa ini di Gua Hira di Jabal Nur yang berjarak lebih kurang dua mil dari Mekah dan pada saat itu usia beliau adalah 40 tahun.

Doa Ma’tsur dan Ghoiru Mat’sur

Apabila dikatakan al utsroh, ats tsu’tsuroh dan ats-tsa’tsuur maka semuanya bermakna tanda-tanda yang dijadikan oleh orang-orang arab di perut onta. Apabila dikatakan atsartul ba’iir artinya matsur (diberi tanda. Pen)

Dan apabila dikatakan hadits ma’tsur maka ia adalah hadits yang diberitakan oleh manusia sebagian mereka kepada sebagian yang lain yaitu orang-orang yang datang belakangan mentransfernya dari orang-orang yang datang sebelumnya. Jika dikatakan ats-tsartul hadits maka ia adalah ma’tsur. (Lisanul Arab juz IV hal 5)

Dari makna bahasa itu kita bisa simpulkan bahwa doa yang matsur adalah doa yang merupakan warisan atau peninggalan dari Nabi Muhammad saw atau yang diajarkan oleh beliau saw, sebaliknya dengan makna ghoiru matsur.

Jumhur fuqoha berpendapat bahwa dibolehkan pada setiap doa baik untuk kepentingan duniawi maupun ukhrowi (akherat) namun berdoa dengan yang ma’tsur lebih utama daripada berdoa dengan yang ghoiru mat’sur. (al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 7161)

Dibolehkannya berdoa dengan yang ghoiru ma’tsur selama tidak berdoa dengan kemaksiatan atau memutuskan silaturahim berdasarkan hadits Nabi saw yang diriwayatkan dari Abu Hurairoh bahwasanya Nabi saw bersabda,

Doa-doa seorang hamba akan selalu dikabulkan selama ia tidak berdoa dengan dosa atau memutuskan silaturahim dan tidak tergesa-gesa.’ Lalu beliau saw ditanya,’Wahai Rasulullah apa yang dimaksud dengan tergesa-gesa.’ Beliau saw menjawab,’orang yang berkata bahwa aku telah berdoa, aku telah berdoa namun aku tidak melihat Allah mengabulkan doaku lalu ia meninggalkan berdoa.” (HR. Muslim)
http://trimudilah.blogspot.com

Unknown

1 comment:

Wahyu Alfiansyah said...

Penjelasan yang bagus sekali dari Ukhti..
tambah lagi ilmu, aku baru tahu hadits di atas ^^

jadi lebih tahu bagaimana menyikapi doa kita yang belum Allah kabulkan, makasih

Instagram