Lebaran Tahun Ini ^__^

                                                                                      











Halo sahabat  blogger… Pa kabarnya? Semoga hari ini sehat” aja dan Allah swt, melancarkan setiap urusan serta memenuhi kebutuhan kita… Amiiin…  Pasti… Sholawat serta salam kepada nabi akhir zaman serta sahabat.. semoga rahmat tercurah untuk kita semua… Amiiin…  Semoga aku juga cepat dapat jodoh.. Amiiiiiiiin…  Di pagi yang cerah dan bersahabat ini aku ingin berbagi keceriaan…

Gimana lebarannya? Asyik? Alhamdulillah .. demikian juga dengan aku… Lebaran kemarin Mama sama Papaku berlebaran di kota Pontianak. Karena kakak sulungku melahirkan di sana… bayi perempuan… dengan nama Aluna asa.. katanya nich artinya pagi harapan.. lahir di bulan ramadhan…  Sebenarnya di belakangnya dibubuhi ramadhani kan lahirnya pas bulan ramadhan… namun kakaknya Aluna yang bernama Talitha Aulia Putri gak mau… maklumlah anak-anak… masih TK O kecil di TK Muhammadiyyah Pontianak… semoga keponakan”ku juga Zaki Fajar Pratama (keponakan lelaki)  kelak menjadi anak  sholeh sholehah dan berprestasi.. Amiiin…

Sedangkan aku berlebaran di kampung halaman, karena kalo semua ikut ke sana repot juga ya… lagian keluarga besarku juga di sini. Hmmm.. sedikit cerita mengenai lebaran kemarin… pagi-pagi sekali aku bangun, mandi, sarapan, trus sholat id di masjid Nurul Iman Putussibau Kota. Ramai sekali, sampai-sampai kita sholatnya di halaman masjid lho. Aku syukurlah kebagian tempat di selasar masjid bersebelahan dengan cik sal, tetanggaku. Berangkat sendiri nih tadinya… Mogaa tahun depan uda dapat pasangan… Insya Allah Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin…

Selasai sholat saling salam-salaman dengan jama’ah sholat id masjid nurul iman… berma’af-ma’afan, lalu aku menuju ke rumah nenek sebelah mama. Sebenarnya dari kemarin aku ke tempat nenek, membantu mak usu (saudara mama yang paling bungsu) menyusun kue kering ke dalam toples, sementara mak usu memasak untuk hari lebaran. Ada ketupat ketan, lontong  nasi, gule sapi, ayam goreng, telur rebus, sop ayam, sop sapi, sop bakso ikan, lalapan sayur, sambal cabe rawit, kerupuk, buah pisang, semangka, kue kering , minuman soda, es sirup, dll… Oiya tidak ketinggalan juga kerupuk basah yang merupakan penganan khas daerah timur kal-bar ini… pokok e … mak nyus…


Seperti biasa tiap tahunnya di hari yang fitri ini keluarga besar sebelah mama kumpul di rumah nenek. Bersalam-salaman, berma’af-ma’afan, makan-makan, photo-photo… Setelah itu aku melanjutkan ke rumah saudara papa yang paling sulung. Di sana seluruh adik beradik kumpul, salam-salaman, berma’afan, sudah tradisi… :0 di rumah mak long ini kita makan lontong ayam goreng sayur  lodeh… hmmm lezat… saya datang terlambat jadi sudah pada bubar, karena sebelumnya bantu mak usu cuci piring…
Setelah dari rumah mak long, saya pun langsung pulang ke rumah buat istirahat. Hari pertama ini sebenarnya kepengen langsung open house… Namun karena kami kecapekan kami memutuskan agak sorean dikitlah… hehehe.. di rumah karena papa mama dan dua adik berlebaran di Pontianak, jadi tinggal saya, saudara laki-laki yang berusia 18 tahun, dan saudari saya yang telah menikah dengan satu anak laki-laki yang ganteng.

Di rumah saya tidur-tiduran di kamar dengan menyalakan kipas angin… sebenarnya ingin sekali nonton televisi, biasanya kalo lagi musim lebaran acara gossip selebritis jadi menarik, karena menayangkan lebaran ala selebritis… Kemarin saya sempat nonton vokalis band WALI yang sedang mengajak anak istrinya mengunjungi Yayasan Panti Asuhan di kampung halamannya…
Oiya… saya belum bercerita tentang makanan khas lebaran yang ada di rumah ini… gak ada lontong sich.. Cuma nasi dan ayam masak kecap yang di bawa dari rumah mertua adik saya. Juga kerupuk basah.

Kue-kuenya juga beli semua dengan kakak ipar adik saya, kak Uun, saya hanya memesan satu kue yakni kue kering keju atau kastengels, dan lapis keju ini saya pesan dengan teman satu organisasai, bu Dini. Setiap tahun lapis keju ini ada. “Kenapa gak yang lain?”, kata adikku. Itu karena aku suka keju…. Trus aku  hanya belanja teh sosro kotak netto 250 ml 1 dus, sama kue kaleng  yang bentuknya bundar dengan nama ROYAL, dan satu dus  okky jelly drink rasa anggur yang biasa disukai anak-anak…
Sedangkan kue-kue kering lainnya, kue basah, dan minuman-minuman kaleng seperti, cincau, soya, adikku yang membeli… saking bergembiranya menyambut hari fitri mereka sampai memasang lampu kerlap-kerlip di teras depan… Sayangnya lampu yang berbentuk buah agak mahal harnganya… Rasulullah juga tidak melarang kita merayakannya… asalkan bayar zakat dulu…  Oiya cerita zakat … aku malam-malam membayarnya karena kesibukan pekerjaan… Hujan-hujan… yang kubaray punya aku dan saudaraku yang laki-laki…

Kita juga kudu menjalin silaturrahmi dengan sanak family, dan menjalin ukhuwah dengan tetangga, rekan kerja, dan teman-teman, ke rumah guru. Waktu aku ke rumah Shanty 117… Aku sempat takut juga … karena melewati jembatan gantung… jadi tinggi banget jembatannya… butuh konsentrasi penuh dan keseimbangan dalam membawa motor, manalagi aku memboncengi sahabatku Yuli yang sedang duduk di bangku kuliah jurusan BK STKIP ini. Banyak cerita menarik seputar ramadhan yang bisa kita kembangkan… Karena aku suka makan jadi ceritanya dominan ke makanan.. Jangan lupa berbagi kebahagiaan yaa… Ikhwahfillah… ^__^















Rincian belanja Snack Lebaran: biskuit Royal Rp85.000,-. Okky Jelly Drink Rp23.000,-. Kue Kastengels Rp90.000,-/kg. Lapis Keju Rp210.000,-. Royal kaleng kecil Rp43.000,-. Teh sosro kotak Rp50.000,-/dus.





Unknown

No comments:

Instagram