Sebuah Perencanaan, Mimpi Jadi Nyata


Masih banyak rencana-rencana yang belum aku jalan kan. Meskipun pagi ini aku ngantuk sekali. Namun aku berusaha menyelesaikan tugas-tugas ku di kantor. Dan akhirnya meja ku bersih dari tugas-tugas. Tepat pukul 10 kurang 20 menit. Alhamdulillah… Namun sepertinya di depan sudah ada satker yang mengajukan spm. Pekerjaan datang lagi… Ayuh Ria yang semangat yach… Kamu pasti bisa… Hujan pun sepertinya sudah reda. Hmmm… memang kantuk obatnya tak lain, yakni tidur. Mau tidur sepagi ini? Wah wah wah… bisa bisa rizki ku dimakan ayam. Ngobrolin soal rencana, apa yang paling menarik? Think, think, think… Jalan-jalankah?, nonton bareng tema-temankah?, makan-makan?, kuliah?, buat acara bareng teman-temankah? Renacana menikah? Atau lain-lain? ^_^
Apa ni rencana kawan satu tahun ke depan? Sudah punya rencanakah atau lebih suka yang spontan-spontan? Ingat KEBAIKAN YANG TIDAK TEROGANISIR AKAN DIKALAHKAN KEJAHATAN YANG TERORGANISIR. Jangan mimpi-mimpi doang, buat Sebuah Perencanaan, Sebuah Mimpi Jadi Nyata. Pengen jadi entrepreneurship sukses? Rencanakan...  Yups kayaknya asyik juga kalau kita ngobrolin masalah rencana bareng teman-teman kita di teras rumah sambil ngerujak party, cihuy. Baiklah aku akan sedikit menceritakan rencana-rencana ku tahun ini dan langkah-langkahnya. Ni aku catat biar gak lupa aja. Karena TULISAN YANG BURUK LEBIH BAIK DARI INGATAN YANG KUAT. LEBIH BAIK MERENCANAKAN SESUATU LALU GAGAL, DARIPADA GAGAL MERENCANAKAN . Bila kita sudah merencanakan, maka ALLAH lah yang menentukan. Karena ALLAH Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita. ALLAH punya rencana lain untuk kita. Bersabarlah. 


Tips rencana hidup ala Pustaka Nurhijria Sastrawali Maharani:

Bayangkan selama satu tahun event apa saja yang ada di kota anda, berhubung aku di kota kecil jadi beritanya bisa mudah diketahui. Misalnya nih aku suka nonton bola volley live. Maka aku akan luangkan waktu, jangan sampai ketinggalan event ini. Kita adalah mahluk sosial, Minta bantuan orang-orang terdekat dan ceritakan cita-citamu kepada mereka siapa tahu ada jalan...tentunya... makanya jangan malas ikut kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Rencanakan tahun ini pada bulan Ramadhan untuk ikut buka bersama teman-teman atau organisasi  yang kita ikuti. Seru yaa selain bisa makan bersama, silaturrahmi, bisa tukar informasi juga... Atau sekali-kali kita mengundang sanak saudara, teman-teman, maupun rekan kerja kita untuk buka bersama di rumah. Pastinya kita harus nyediain dana. Makanya menabung. Piss... ^_^ Yang pasti aku pecinta bola volley Insya Allah akan setia menonton bola volley selama itu di luar jam kerjaku. Horrey.... Catat atau tulis rencana hidup kita di dalam buku catatan kita. Buat seperti daftar dan cek list mana yang telah berhasil . Buat target berapa persen yang ingin kamu gapai, kemudian sekali-kali lah beri hadiah untuk dirimu sendiri. Semoga berhasil. Aku pernah mimpi kerja di kantor yang gede yang ada di jalan dekat rumahku ini, setiap kulewat kadang berharap... bisa bekerja di sana... Alhamdulillah akhirnya... Kalau yang ini mungkin rizki dari Allah. Saya tidak merencanakan apa-apa, hanya bermimpi aja. Mungkin kalo baca buku Laskar pelangi, Negeri 5 menara, kita bisa melihat bagaimana gigihnya mereka berjuang untuk menncapai mimpi-mimpi mereka. Maka dalam perencanaan dan menggapai nya perlu kegigihanLaksanakan Apa yang telah kita tulis. Semangat! Ingat apa kata Pak Harfan dalam kisah laskar pelangi "Jangan Pernah Putus Ase". Banyak-banyak berdo'a, banyak-banyak usaha, banyak-banyak bersabar, banyak-banyak sedekah karena Allah, kerja keras, harus banyak cara 1001 cara, banyak-banyak baca buku yang bermanfaat, banyak-banyak komunikasi... Jangan tinggalkan sholat lima waktu. Alaa mak repotnya, dah tak usah idop! Mati jak kau sana! Becanda...Astaghfirullahal adziim sabar... ^_^


Tips menyusun rencana hidup ala Uka Fahrurosid :

 Sikap 
Apakah sikap Anda positif atau negatif atau apakah pola pikir Anda yang menahan Anda untuk maju dalam kehidupan? Apakah ada suatu bagian dan perilaku Anda yang membuat Anda menyesal di kemudian hari? Jika ada, Anda dapat memutuskan untuk menyusun tujuan untuk memperbaiki masalah Anda dengan mengubah sikap. 
Tujuan Profesional 
Apa yang ingin Anda capai dalam karier dan dalam jangka waktu berapa lama Anda ingin menyelesaikannya? 
Tujuan Keluarga 
Apakah Anda ingin menjadi orangtua ideal dan dekat dengan anak-anak anda? Jika ya, bagaimana anda akan menjadi orangtua yang baik dan menjambatani kesenjangan generasi? Seperti apakah Anda ingin dilihat oleh keluarga Anda? Langkah-langkah apa yang harus Anda ambil untuk mengurus keluarga Anda? 
Tujuan Keuangan 
Posisi keuangan seperti apa yang ingin Anda capai dalam kehidupan dan berapa penghasilan yang ingin Anda dapatkan dan pada usia berapa? Langkah-langkah apa yang harus Anda ambil? 
Tujuan Fisik 
Apakah ada tujuan atletik yang ingin Anda capai, atau Anda hanya ingin kesehatan yang baik, bahkan di usia tua Anda? Langkah-langkah apa yang ingin Anda ambil untuk mewujudkan tujuan ini? 
Tujuan Kesenangan 
Apa konsep Anda mengenai kesenangan? Apakah itu berupa uang, kesehatan yang baik, perusahaan yang baik, atau kemashuran? Apa yang Anda inginkan untuk menyenangkan diri sendiri dan kehidupan Anda? Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Begitu Anda menentukan tujuan¬-tujuan Anda di bidang-bidang ini, buatlah prioritas dari A sampai F. Kemudian, tinjaulah kembali tujuan dalam bidang-¬bidang utama kehidupan Anda dan buatlah prioritas ulang sampai Anda merasa puas bahwa tujuan itu mencerminkan profil kehidupan yang ingin Anda jalankan. Juga, pastikan tujuan yang telah Anda susun adalah tujuan yang Anda ingin capai, bukan yang diinginkan orangtua, pasangan, keluarga, atau pimpinan Anda.

Boleh dong dicoba atau punya cara sendiri? Tafaddhol ^_^ 

Unknown

No comments:

Instagram