Motivasi: Jejak-jejak Su'ro

13 Januari 2012

Kami adalah remaja Islam yang cinta kebenaran
Lalu di manakah kebenaran itu?
Apakah kami tahu mana yang benar dan yang salah?
Oleh karenanya kami selalu bersemangat menjelajahi ilmu-ilmu
yang bermanfaat di masa muda kami...
"Sesungguhnya menuntut ilmu itu adalah wajib bagi kamu baik laki-laki mau pun perempuan"
Kami adalah pemudi Islam yang cinta damai
Siap mengemban amanah dakwah untuk terciptanya keharmonian...
dan aku sang murabbi...
Aku hanya lah manusia biasa... yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hati ini hanya satu ...
cinta untukMU luar biasa....



Selama 3 tahun aku menjadi aktivis ROHIS di MAN Putussibau... Aku merasakan ada ketenangan di jiwa... pertama kali ka' Endang lah yang menjadi mentor aku dan teman-teman. Ada getar di jiwa ketika kali pertama aku mendengarkan taujih dari beliau... Aku berterima kasih kepada Ayah yang bersedia mengantarku pulang pergi untuk mengikuti kajian ISLAM. Ayah aku sayang ayah... ISLAM yang secara bahasa adalah selamat... Di sini aku mulai merasakan sebagai ukhti muslimah... Alhamdulillahirabbil aalamiiin...
Terima kasih Yaa Allah telah mengijinkanku untuk menjadi anak ROHIS kala itu...
Telah kutemukan setitik cahaya di kala hati ini dirundung gelisah... di kala hati penuh tanya... ada apa di balik gerangan kehidupanku... Kau hadir mewarnai hatiku yang semula hitam putih ... kau mencerahkan hatiku... Engkaulah manusia sejati... wanita sesungguhnya... Yang Allah pilih untuk menyempurnakan akhlak manusia... Rasulullah adalah idolamu... Rasulullah adalah idola kita... semoga hingga akhir hayat....

Yaa Allah kini aku harus meniti jalan panjang ini sendiri... dan denganMU... Hadirlah yaa Allah... dalam sujudku... dalam ruku'ku... dalam do'aku... dalam harapanku... dalam hidup dan matiku... hadirlah keimanan di dalam hati ini...
Allah tidak sayang kepada hambaNya yang gak mau menyayangi insan manusia...

Sejak kelar kuliah aku langsung diboyong ayah dan bunda kembali ke kampung halaman tercinta... di sini aku langsung mendapat tawaran dari sepupuku cik Linda membantu mengajar di TPA-ALMUSTAWA... Aku langsung terima karena niat mengajar TPA sejak masih kuliah dulu... Senang sekali menjadi guru TPA-ALMUSTAWA... Penuh canda dan tawa, aku tanamkan saling mema'afkan... karena sesama muslim gak baik bermusuhan lebih dari 3 hari... bila dua orang bertengkar kemudian salah satu dari ke duanya meminta ma'af duluan maka syurga tempatnya... bila dua orang sahabat saling mencintai karena ALLAH... maka Allah akan memberikan cahaya kepada mereka kelak di akhirat... ...

Indahnya persaudaraan karena Allah
Kemudian aku kembali mengikuti pengajian dan di sana aku ditawarin menjadi mentor ROHIS SMA N I Putussibau..... Aku pun merasa tidak ada alasan untuk menolak amanah tersebut. Aku mulai membina satu kelompok akhwat yang kelas X. Mereka iyalah Nurul, Sulis, Tuty, Anggi, Handayani, Firoh, Dina, Hilda. Sedangkan kelompok kelas X lainnya dibimbing oleh temanku Rahmayanti. Setelah kenaikan kelas sahabatku pun kuliah, jadi mereka dititipkan ke aku, Riri/ria. Jadilah sampai selesai kelas XI mereka sama dengan aku terus dan mereka juga dekat sama aku... Aku mengajar mereka dengan hati dan fikiran yang kutempa untuk dewasa... Mereka kuajak mengenal Islam dengan cara bersenang-senang sehingga mereka betah untuk pergi mentoring, mereka juga membuat aku betah... Mereka Khotimah, Tiara, Dina, Anggi, Bina, Sulis, Tuty, Handayani, Dina, Desi, Hilda, Sri, Bella, Cici... yang kucintai karena ALLAH... sedang Firoh pindah ke Makassar ikut neneknya. selama dua tahun kami belajar saling mengenal, saling memahami, saling berbagi cerita suka mau pun duka... kebersamaan dalam keceriaan, duka, air mata... Kesabaran hati diuji... kadang aku menjadi ujian bagi mereka kadang mereka menjadi ujian ketulusan dan keikhlasanku... Aku berusaha untuk adil pada semuanya... aku ingin kita saling bahu-membahu dalam kebaikan... Aku berusaha untuk lebih dekat lagi dengan mereka dengan mengikuti acara - acara mereka, silaturrahmi, lebaran bersama, mendengarkan keluhan tentang aku, pola aku mengajar, aku berusaha ceria dihadapan mereka... Aku berusaha tegar ketika ada yang jatuh dihadapanku... aku hanya berusaha memberikan yang terbaik... karena Allah...
Firoh
Nurul Maghfiroh adalah adek binaanku pada saat ia masih di Putussibau, meski pun ia bukan ketua tapi ia banyak sekali membantu tugas ketua. Ia seorang akhwat yang bersemangat... dan suatu hari menjadi penyemangat bagi temannya Anggi untuk ikut ROHIS. Pernah saat aku masih di Pontianak untuk mengikuti wisuda DIII, ia menelponku "kak hari ini ROHIS enggak?" jadi setiap hari jum'at kami saling kontak, hari ini ROHIS atau enggak... So komunikasinya jalan... Namun setelah di Makassar aku udah nggak pernah lagi bisa menghubungi Firoh... Mungkin dia ingin aku lebih fokus dengan teman-temannya...
Cicit...
Cicit ini anaknya fighting, pengen jadi muslimah, agak keras kepala, agak susah di kasih tahu karena ia punya pandangan sendiri...., agak bandel...
Dina...
Dina anaknya agak beda dari yang lainnya, pemahaman agama nya bagus, dewasa,... insya Allah Dina "AKHWAT" gaul tapi tetap sholeh... trendy nyar'i
Sri
Sri anak yang berprestasi di bidang akademik, lembut tapi agak tomboi, agak keras juga, gaul...
Hilda...
Hilda ini anaknya G.A.U.L... aku tahu teman-temannya banyak.... ia orang yang kupilih untuk jadi ketua di kelompok mentoring ketika kelas X. Kelihatannya pendiam dan penurut.
Bella..
Si tomboi yang melankolis dan emosional... Namun kalo dah kenal anaknya manis kok... sweet...
Cici...
Gadis yang memiliki kemampuan dalam mengolah kata-kata dan pandai berdiskusi ini adalah pembicara yang terstruktur... Memang di forum ia tak lelahnya berdiskusi ketika yang lainnya lelah sepulang sekolah... sedikit menguji kesabaran saat berdiskusi... terkadang suka menguji... Suka membolak-balikkan ide... karena itu tadi ... terstruktur...
Handayani...
Orang yang mengenal Cicit... karena teman dekat... meski beda jurusan, Yani anak IPA... yang paling anak-anak... dari lainnya... sifatnya... tapi bagus sabar...Plaghmatis cocok dijodohin sama orang yang emosional... hahaha...
Makanya ia cocok berteman sama Cicit...Yani  masih belum mandiri, masih belum bisa ngurus diri'...
(lebih tepatnya cuek)..., pas banget sama Indri(Cicit) yang mandiri...namun Yani perhatian dan mengerti apa yang diinginkan teman dekatnya, gimana mengahapinya.
Tiara
Lembut dan tegas... cocok jadi pemimpin.... tingkah lakunya bagus.. manja dan terkadang kekanak-kanakkan namun tetap bisa menempatkan diri... sesuai dengan namanya indah bagai T.I.A.R.A... terkadang masih belum bisa membedakan mana hitam mana putih... tapi ia seperti anak-anak lainnya... cerdas dan cepat menerima apa yang kita sampaikan..
Kebetulan anak"ROHIS ini pinter". Juara kelas....
aku juga mengenal keluarga mereka dan belajar mengenal kehidupan keluarga mereka....

Desy....
Desy ini lucu dan bersuara merdu... tidak berani berterus terang sama kak Ria... misal ketika wajah kak ria terlihat suram... hanya dipendam atau dibahas sama teman lainnya... tapi tak apalah.... Desy teman akrab Tiara... Aktif dan daya tangkapnya cepat...
Sulis...
Manja tapi baik hati
Khotimah...
Kamu jangan mudah tertipu lagi oleh pria yang gak benar-benar ama kamu... semoga kelak kamu menemukan lelaki yang benar-benar serius untukmu... Khotimah anaknya Hanif.....
Anggi...
Agak pendiam, tapi kalau diajak share bagus juga pemikiran anti.... tetaplah berceria...
Tuty...
Tuty ini berusaha untuk pergi ke Mentoring... kadang kendalanya banyak... maklum perantau yang satu ini berpindah-pindah tempat... anaknya care terhadap kebersihan...
MESKI KITA TERPISAH DI DUNIA... SEMOGA DI KEHIDUPAN SELANJUTNYA... DI DUNIA YANG BERBEDA DENGA KEIMANAN DI HATI YANG BERSEMI... DAN DIAKHIRAT KITA BERTEMU KEMBALI BERSUA... LOVE YOU ALL BECAUSE ALLAH SWT.
(Paling Kiri): Saya, Tiara, Desy, Hilda


Ini hanya pandangan kakak saja.... kalian tentunya lebih mengenal diri kalian dari pada kakak... kenalilah diri maka kamu akan mengenal ALLAH...SWT. Semangat kalian ketika melebarkan sayap dakwah di ROHIS SMA N I Putussibau, waktu yang kalian gunakan tuk menyebar brosur ROHIS, kerja kalian, Insya Allah Ikhlas kan... moga bernilai Ibadah... Kak ya tahu kalian yang full kerja saat ada acara di sekolah entah siang atau malam... Subhanallah... Senang berteman sama kalian... pengen cerita banyak tapi kak ya mau ngonsepnya dulu di rumah...







Unknown

No comments:

Instagram